LOURDES

 

1

LOURDES SEBUAH KOTA YANG LAIN DARI PADA YANG LAIN

 

Lourdes adalah sebuah kota kecil yang terletak di kaki pegunungan Pyrenees, dengan penduduk sekitar 17.000 jiwa beserta bangunan-bangunan yang didominasi oleh kastil-kastil. Lourdes nampak seperti kota lainnya di sebelah barat daya Perancis dengan pasar-pasar yang cantik, toko-toko kecil, tim rugby dan kehidupan masyarakatnya yang sederhana. Namun dewasa ini Lourdes menjadi sebuah kota yang cukup sibuk dengan kehadiran kurang lebih 5 juta pengunjung setiap tahunnya.

Lourdes adalah kota terpenting kedua dalam bisnis hotel di Perancis. Ada lebih dari 360 hotel serta 20 tempat camping. Setiap musim ziarah, ada lebih dari 7 juta post card dikirim dari Lourdes ke seluruh dunia.

Toko-toko dagang dan souvenir-souvenir yang berjumlah ratusan buah dapat anda temui sepanjang jalan menuju ke kompleks suci Lourdes.

Apa yang terjadi di kota kecil Lourdes yang berada di kaki pegunungan Pyrenees ?
Mengapa sudah lebih dari 130 tahun (penampakkan pertama tahun 1858, 11 Februari) banyak sekali orang -orang datang ke tempat ini dari pelbagai penjuru dunia untuk berziarah ?

Jawabannya sederhana, karena Bunda Maria pernah menampakkan diri kepada seorang gadis kecil berumur 14 tahun, Bernadette Soubirous dan juga karena Ibu Maria, Ibu Tuhan dan Ibu semua manusia datang ke tempat ini, di dalam gua untuk menyampaikan kepada kita rahasia kebahagiaan yakni : Kitab Suci, Kemiskinan dari hati yang rendah, Doa yang membuka hati kita kepada Tuhan, Pengakuan dosa yang merubah hidup kita, Gereja yang menyatukan kita sebagai satu saudara.


2


LOURDES PUSAT ZIARAH DUNIA

 

Pesan sangat simpatik kami kutip di sini dari buku In The Footsteps of Bernadette bunyinya : “Bila kamu datang ke Lourdes jangan kamu bertindak seperti seorang turis. Kamu harus berlaku sebagai seorang PEZIARAH. Yakni kamu memulai sebuah perjalanan. Kamu masuk dalam sebuah petualangan. Kamu harus lepaskan rasa aman dan kesenangan-kesenangan dan melemparkan diri dalam ketidaktahuan dalam mengikuti Kristus”.

Jutaan orang datang ke tempat ini, siapa saja dari berbagai golongan sosial (strata sosial), yang sehat dan sakit, tua dan muda untuk bersama-sama maupun pribadi untuk menemukan sesuatu yang baru, karena orang berziarah tidak asal pergi ke suatu tempat tetapi ke tempat dimana sesuatu telah pernah terjadi dan dapat terjadi lagi, hari ini dan untuk kita, jika kita sungguh-sungguh berani untuk menemukan kebenaran yang paling dalam di dalam hati kota suci Lourdes. Semua datang untuk berdoa dengan penuh iman kepada Ibu Maria sebagai bagian dari Gereja universal.
Apa yang dicari oleh orang-orang sakit atau cacat yang datang ke tempat ini ? Kita tak dapat melihat keinginan mereka untuk disembuhkan tetapi di atas semua itu mereka datang dalam pencarian akan HARAPAN untuk menimba kembali semangat rahmat kasih Tuhan (seperti mencharge kembali baterai mereka) , untuk mengalami kedalaman persatuan persaudaraan dan doa bersama dengan umat katolik yang lain. Meskipun mereka capek dan lelah untuk datang ke tempat ini dari tempat tinggal mereka, naum mereka kembali ke rumah mereka dengan penuh cahaya ...
Jangan lupa mendoakan bagi kesembuhan anggota keluarga dan sanak-saudara yang sedang sakit. Berdoalah supaya Tuhan menyembuhkan kita dari segala dosa-dosa pribadi kita.


3


GROTTO ( GUA MARIA )

 

Gua yang kita temukan di sana adalah sebuah lubang biasa di bawah batu karang besar, dimana babi-babi biasa datang untuk berteduh. Suatu saat pada tanggal 11 Februari 1858 ada suara angin dan sebuah cahaya : Maria menampakkan diri ... berpakaian putih, membawa sebuah rosario di tangannya, ada mawar kuning di masing-masing kakinya. Pada tanggal 25 Maret 1858 Maria mengatakan kepada Bernadette dengan bahasa dialek setempat “Que soy era Immaculada concepciou” (Akulah yang dikandung tidak dengan bernoda atau Akulah konsep ‘Allah” yang tak bernoda) kata-kata ini tertulis di bawah patung yang sekarang ada di dalam gua. Didepan gua ini berjuta-juta peziarah, menghadap gua dalam keheningan doa dimana seseorang sungguh merasa dilingkupi oleh kehadiran yang tak kelihatan.

“Diam dalam keheningan, melihat wajahmu, berada bersamamu, Maria, di tempat ini dimana kamu berada ... “ (P. Claudel)

Cinta orang yang penuh iman mencium batu karang, melalui ini mereka menunjukkan bahwa hanya Tuhanlah batu karang yang merupakan fondasi hidup mereka. Di belakang altar ada sebuah kotak, dimana para peziarah dapat memasukkan surat-surat permohonan. Di sebelah kiri gua, ada beberapa tongkat penopang yang menjadi saksi bagi berlimpahnya rahmat di tempat ini. Lokasi yang sangat pasti dimana dahulu Bernadette berdiri ditandai dengan sebuah ubin marmer/putih yang terletak di depan gua sebelah kiri.

 

 


4


PATUNG BUNDA MARIA DI DALAM GUA

 

Patung tersebut dibuat dari marmer putih tahun 1864 oleh seorang pematung bernama Fabisch. Patung itu menggambarkan sebuah kehadiran yang begitu sederhana dari seorang wanita cantik yang menampakkan diri kepada Bernadette “Kadang-kadang mirip namun tidak persis seperti itu,” kata Bernadette ketika patung tersebut ditunjukkan kepadanya. Namun demikian patung tersebut mengundang kita untuk berdoa :

“Ibu Maria yang tersuci dari semua wanita, Ibu Kristus dan Ibu semua orang, kami datang menghadapmu seperti Bernadette pernah lakukan dan kami berdoa kepadamu dengan penuh iman. Tolonglah kami supaya kami mempunyai hati yang bebas dan terbuka bagi orang miskin, supaya kami mampu mengalami di dalam doa kami cinta dan kelembutan Tuhan dan mampu ikut serta ambil bagian dalam Gereja. Melalui engkau kami berdoa kepada Yesus, Putramu supaya melalui rahmatNya, Dia membebaskan kami dari segala dosa dan memberi kami kekuatan iman, harapan dan cinta. Membuat kami bergembira dalam tugas menjadi saksi bagi InjilNya. Dia yang hidup sepanjang masa. Amin”

Bunga yang ditanam diantara batu karang mengingatkan kita akan pastor paroki Lourdes saat itu Fr. Peyramale yang minta suatu tanda yakni semak mawar di bulan Februari (bukan musim mawar). Inilah tanda bahwa penampakkan ini sungguh otentik/asli/benar adanya.


5


SUMBER AIR

 

Sumber air yang pernah digaruk oleh Bernadette terletak di dalam gua sebelah kiri, di samping belakang altar. Sumber itu ditemukan oleh Bernadette 25 Februari 1858. Air dari sumber ini dialirkan ke kran-kran di sebelah kiri gua dan juga ke bak-bak mandi di sebelah kanan gua. Sumber air dari gua Massabielle ini bukanlah air magis : analisis dari air tersebut menunjukkan bahwa itu adalah air minum biasa tanpa kandungan-kandungan khsusus. Minum atau mengambil airnya untuk dibawa pulang adalah tanda lahir dari iman kita di dalam Tuhan. Seandainya kita mempercayainya, Dia mungkin memberikan kepada kita kesembuhan fisik atau beberapa rahmat khusus lain yang telah kita minta. Namun Tuhan ingin memberi kita lebih daripada itu yakni kemurnian dan kesembuhan jiwa kita yang sakit karena dosa.

Melalui kran-kran air disebelah kiri gua, seperti Bernadette, dalam keheningan, kita membasuh muka kita dan minta kepada Tuhan supaya memurnikan hati kita, minumlah seperti juga Bernadette pernah meminum air yang sama sambil juga memohon rahmat khusus. Silahkan jika ingin mengambil air tersebut untuk saudara atau teman di rumah, janganlah mengambil dalam jumlah yang terlalu banyak. Ingatlah para peziarah lain yang akan datang sesudah kita dan biarlah air itu juga untuk mereka. Ingatlah kata Bernadette : “Bukanlah jumlah yang penting ...”

Ada 17 bak mandi yang dibuat dari potongan batu karangdi tahun 1954. Air yang mengalir di dalam bak mandi ini sungguh air segar (di musim panas max 15 derajat Celsius). Di musim panas (musim ziarah) jumlah orang yang ingin mandi air suci, khususnya wanita - ibu-ibu sangat banyak, oleh karena itu ada kemungkinan harus menunggu cukup lama. Bahkan kalau orang sakit begitu banyak, bisa jadi mereka yang hanya 2 atau 3 hari berada di Lourdes tidak cukup kesempatan untuk mandi air suci. Maka kita perlu sungguh memahami bahwa mandi air suci ini hanyalah sebuah tanda lahir dari apa yang Tuhan minta pada kita yakni kita membasuh hati kita dalam sumber cinta Tuhan. Oleh karena itu pengakuan dosa lebih dianjurkan daripada mandi air suci.


6


LILIN LILIN

 
  • Anda harus menyediakan sebuah lilin panjang (yang bisa dibeli di toko-toko rohani) untuk Prosesi Lilin di malam hari.

  • Seperti Bernadette datang untuk menjumpai Bunda Maria dengan lilin yang menyala di tangannya. Tiap-tiap tahun jutaan peziarah mengulang hal yang sama untuk mengingatkan kita akan kata-kata Tuhan Yesus sendiri “Aku adalah terang dunia”. 

  • Lilin untuk dinyalakan di depan gua / di samping gua dijual di dekat kran-kran air di samping kiri gua. Sungguh jangan kecewa kalau Anda tidak dapat menyalakan lilin tersebut karena kurangnya tempat / peraturan dari pihak pengelola tempat ini. Tidak mungkin menyalakan lilin yang jumlahnya jutaan sekaligus di depan / di samping gua. Petugas yang menyalakan lilin akan mengatur semuanya. Bahkan lilin-lilin itu akan terus dinyalakan bergantian sepanjang musim dingin untuk menyambung doa Anda ketika Anda tidak hadir di Lourdes (berada di rumah).


7


JADWAL ACARA DI LOURDES

 
  • Prosesi Sakramen Mahakudus dan Berkat bagi orang sakit : Tiap hari pukul 16.30 ( bulan Mei - Oktober ). Prosesi mulai dari seberang sungai depan Grotto. Bila hari hujan atau panas sekali, prosesi dilakukan di dalam gereja bawah tanah Basilika St. Pius X.

  • Rosario dan Prosesi Lilin : Setiap hari jam 21.15 ( bulan Mei - Oktober ), dimulai dari seberang sungai di depan grotto.

  • Mandi air suci :
    Hari-hari biasa jam 09.00 - 11.00 dan 14.30 - 16.00 (bulan Mei - Oktober)
    Hari Minggu dan hari-hari besar hanya jam 14.00 - 16.00 (bulan Mei - Oktober)

  • Kapel Adorasi (Pentahtaan) : (diresmikan 18 Juni 1995)
    Hari biasa jam 08.45 - 18.00
    Hari minggu jam 09.45 - 18.00

  • Kunjungan ke Cachot (Rumah Bernadette) : Dimana Bernadette tinggal selama masa Penampakan, kunjungan dari jam 09.00 - 12.00 dan 13.30 - 18.00 setiap harinya.


Prosesi Lilin di Lourdes yang indah & Agung


Rumah Bernadette di Lourdes

 


Prosesi Sakramen Maha Kudus bagi orang-orang sakit di Lourdes

 

 

Klik PLAY untuk mendengarkan Jingle StellaTours : 

Loading the player ...
 

STELLA SMS CENTER : 0812 – 1972 8000

Ingin info tentang persyaratan Visa Israel di Handphone anda ?

Ketik info<spasi>visaisr kirim ke 0812 – 1972  8000

Ingin info tentang persyaratan Visa Eropa di Handphone anda ?

Ketik info<spasi>visasch kirim ke 0812 – 1972  8000

Ingin dapat sms gratis tentang program-program keberangkatan Stella?

Ketik reg<spasi>nama anda<spasi>katolik atau protestan

kirim ke 0812 – 1972  8000

 

Ingin selalu dapat info program keberangkatan Stella Kwarta atau info lainnya ? SILAHKAN ADD PIN BB dari Stella Kwarta Wisata di : 
21DF500F