MASSADA

 

 

Massada yang artinya benteng, adalah tempat yang mempunyai sejarah menarik untuk diketahui. Massada merupakan sebuah bukit tersendiri setinggi 440 meter yang tidak terhubungkan dengan bukit lainnya, menjadikan tempat ini strategis sebagai tempat pertahanan. Benteng di bukit Massada dibangun oleh Raja Herodes Agung (Raja Herodes yang sama yang ingin membunuh bayi Yesus, bdk. Mat 2:13) pada sekitar 36 tahun SM. Salah satu tujuan Raja Herodes membangun benteng ini adalah sebagai tempat pelariannya nanti jika suatu saat kekuasaannya digulingkan oleh orang-orang Yahudi, karena memang beliau adalah figur yang dibenci oleh rakyatnya mengingat juga dia sebenarnya adalah raja boneka yang diangkat oleh Kekaisaran Romawi di daerah ini. 

Kisah menarik dari benteng ini terjadi setelah benteng ini tidak dipergunakan lagi, dan menjadi tempat pelarian dan pertahanan dari 960 orang Yahudi Zealot yang memberontak kepada kekuasaan Romawi setelah Jerusalem diratakan dengan tanah oleh Jendral Titus pada tahun 70 M. Kurang lebih 4 tahun lamanya pasukan Romawi berusaha menaklukkan benteng ini, namun tidak membuahkan hasil karena posisi benteng di atas bukit yang sangat sulit untuk digapai tanpa sepengetahuan orang Zealot yang bertahan di atas. Namun setelah berhasil melakukan segala tipu daya, dengan bantuan budak-budak Yahudi di Jerusalem untuk membangun jalan keatas, akhirnya mereka berhasil masuk ke benteng ini. Namun sebelum orang Romawi berhasil masuk, orang Zealot di dalam benteng ini sudah mengakhiri perjuangan mereka dengan cara yang dramatis. Mereka lebih memilih mati daripada menyerah dan menjadi budak orang Romawi. Dari 960 orang Yahudi Zealot di sini, dipilih 10 orang untuk membunuh 950 lainnya. Lalu dari 10 orang yang tersisa dipilih 1 orang untuk membunuh 9 lainnya. Dan sisa 1 orang terakhirnya melakukan bunuh diri. Sebelum bunuh diri, mereka merusakkan dan membakar seluruh harta benda yang mereka miliki. Lumbung makanan dan penampungan air tidak mereka rusak agar orang Romawi tahu bahwa mereka bukan mati karena kelaparan, melainkan karena mereka lebih suka mati daripada menjadi budak orang Romawi. Massada kini menjadi lambang Heroisme orang Yahudi, para tentara Israel sering diambil sumpah di tempat ini dengan tangan kiri memegang Kitab Taurat dan tangan kanan memegang senjata sambil mengucapkan : “Massada tidak akan jatuh lagi…!”

 


Bukit Massada

 

 


Skema Peta Bukit Massada

 

 


Cable Car untuk naik ke puncak bukit Massada

 

 

Bagi pengguna BlackBerry & Iphone dapat langsung scan barcode
di bawah ini untuk masuk ke dalam Website StellaTours.com

Download Aplikasi BlackBerry Launcher StellaTours
langsung dari Ponsel BlackBerry anda :

Ketik info<spasi>aplikasibbstella

kirim sms ke 0812 – 1972 8000

 

 

 

Klik PLAY untuk mendengarkan Jingle StellaTours : 

Loading the player ...
 

STELLA SMS CENTER : 0812 – 1972 8000

Ingin info tentang persyaratan Visa Israel di Handphone anda ?

Ketik info<spasi>visaisr kirim ke 0812 – 1972  8000

Ingin info tentang persyaratan Visa Eropa di Handphone anda ?

Ketik info<spasi>visasch kirim ke 0812 – 1972  8000

Ingin dapat sms gratis tentang program-program keberangkatan Stella?

Ketik reg<spasi>nama anda<spasi>katolik atau protestan

kirim ke 0812 – 1972  8000

 

Ingin selalu dapat info program keberangkatan Stella Kwarta atau info lainnya ? SILAHKAN ADD PIN BB dari Stella Kwarta Wisata di : 
21DF500F